Sistem Pendidikan

SISTEM PENDIDIKAN

Sistem Pendidikan Kursus Musik di OM-IRS terdiri dari 2 Kelas:

  1. Kelas Privat adalah sistem pendidikan musik yang mengikuti aturan main dalam kurikulum OM-IRS. Kelas Privat terdiri Kelas Privat Elektrik Gitar (EG), Kelas Privat Elektrik Bass (EB), Kelas Privat Drum (DRM), Kelas Privat Keyboard (KYB) dan Kelas Privat Vocal (VCL)
  2. Kelas Hobi adalah sistem pendidikan musik yang tidak mengikuti aturan main dalam kurikulum OM-IRS. Kelas Hobi ini diperuntukkan bagi siswa berusia 40 tahun ke atas

PROGRAM PEMBELAJARAN
Program-program pembelajaran dalam Lembaga Pelatihan dan Kursus Musik OM-IRS mencakup program pelatihan Instruktur dan Siswa. Program pelatihan Instruktur antara lain practice course, refreshing dan latihan bersama. Program pelatihan Siswa yaitu kursus kelas privat, kelas hobi, panggung aksi, kelas band, refreshing, workshop atau coaching clinic, class refresh, belajar menggunakan software, minus one. Program-program mendalam ini mempersiapkan para instruktur dan siswa untuk meningkatkan mutu dan kualitas dalam belajar dan mengajar. Harapannya untuk menjadi Lembaga Pelatihan dan Kursus Musik yang kompetitif dalam lingkungan global. OM-IRS mempertahankan standard tinggi untuk menjadikan musisi yang sebenarnya (be real musician) dan musisi profesional.

PROSES PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN
Proses pembelajaran dan pengajaran yang dilakukan adalah evaluasi internal terhadap Instruktur dan Siswa di setiap pra-ujian dan ujian siswa. Evaluasi internal proses pembelajaran mencakup evaluasi terhadap input – proses – output.

  1. Input yang dimaksud adalah standard mutu dan kualitas tentang rencana pembelajaran dan pengajaran
  2. Proses yang dimaksud adalah implementasi pembelajaran dan pengajaran
  3. Output yang dimaksud adalah monitoring dan evaluasi dari Idang Rasjidi Syndicate terhadap hasil belajar Siswa dan hasil mengajar Instruktur sesudah dilakukan Pre-ujian dan Ujian siswa.

Monitoring dan Evaluasi internal proses pembelajaran dan pengajaran dilakukan dengan cara:

  1. Sharing Instruktur terhadap laporan evaluasi diri terkait dengan implementasi proses pembelajaran dan pengajaran
  2. Training master class untuk Instruktur secara langsung bersama Idang Rasjidi Syndicate
  3. Penaksiran (assessment) terhadap proses dan hasil pembelajaran Siswa dan Pengajaran Instruktur

Tindakan perbaikan dan penyempurnaan proses pembelajaran dan pengajaran yang dimaksud berupa penugasan instruktur mengikuti workshop pelatihan ketrampilan mengajar, training master class dan rapat koordinasi Instruktur untuk memperbaiki silabus pengajaran.

KLASIFIKASI/TINGKATAN PROGRAM
Pendidikan Musik Program Kelas Privat Elektrik Gitar (EG), Kelas Privat Elektrik Bass (EB), Kelas Privat Drum (DRM), Kelas Privat Keyboard (KYB) dan Kelas Privat Vocal (VCL) terdiri dari 7 tahap atau tingkatan, yaitu:

  1. Tingkat Pre-Basic yang diperuntukkan bagi siswa berusia di bawah 7 tahun
  2. Tingkat Basic I yang direncanakan selesai dalam 6 bulan
  3. Tingkat Basic II yang direncanakan selesai dalam 6 bulan
  4. Tingkat Intermediate I yang direncanakan selesai dalam 9 bulan
  5. Tingkat Intermediate II yang direncanakan selesai dalam 9 bulan
  6. Tingkat Basic Advance yang direncanakan selesai dalam 1 tahun
  7. Tingkat Advance yang direncanakan selesai dalam 1 tahun