Kurikulum

Deskripsi

Kurikulum Omah Moesik Idang Rasjidi Syndicate adalah berbasis riset yang mengacu pada musik modern meliputi musik Blues, Jazz, Rock, Funk, Pop, dll. Kurikulum berbasis riset adalah kurikulum yang mendorong seorang musisi dan instruktur musik memecahkan masalah melalui metode play what you feel and feel what you play dalam bermusik.  Kurikulum ini dirancang dengan baik dan sedemikian rupa serta di bawah pengawasan langsung oleh Idang Rasjidi Syndicate.

 

Tujuan

  • Menjaga standar input – proses – output yang baik
  • Melahirkan musisi dan menjadikan instruktur musik yang ideal, inovatif serta profesional.
  • Meningkatkan minat, skills, pengetahuan, profesionalitas serta musikalitas musisi dan instruktur musik meliputi intellectual understanding disciplined and organized practice integration into technique emotions shape expressive content of idea communication of idea.

 

Pengembangan dan Pembaharuan

Secara spesifik, pengembangan dan pembaharuan kurikulum Omah Moesik Idang Rasjidi Syndicate didasari oleh latar belakang sebagai berikut:

  1. Metode Pengajaran instruktur mencakup evaluasi terhadap input – proses – output
  2. Metode Pembelajaran siswa mulai dari angkatan pertama (tahun 2009) hingga sekarang.
  3. Revisi kurikulum untuk memenuhi standar yang telah disepakati

 

Proses Pengembangan dan Pembaharuan

Proses pengembangan dan pembaharuan kurikulum dilakukan dengan cara mengadakan rapat koordinasi yang berisi sharing antara instruktur-instruktur, manajer edukasi dan Idang Rasjidi Syndicate untuk membahas rangkaian kegiatan pembelajaran dan pengajaran menuju ke pencapaian masa depan dan lulusan siswa yang bermutu. Progres ini perlu dilakukan dengan memperhatikan keragaman karakterikstik siswa dari kebiasaan/cara belajar, motivasi, aplikasi, pengalaman dan latar belakang sehingga siswa dapat diarahkan belajar aktif, kreatif, aplikasi memainkan dan merasakan (play and feel) musik dalam combo, mandiri, berkomunikasi (call and response) dengan baik, berfikir kritis dan peduli lingkungan atau komunitas musik.

Tim penyusun kurikulum Lembaga dan Pelatihan Kursus Musik “Omah Moesik Idang Rasjidi Syndicate” selalu berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu kurikulum yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan.

 

Implementasi Kurikulum

Implementasi kurikulum di setiap kelas Elektrik Gitar (EG), Elektrik Bass (EB), Vocal (VCL), Keyboard (KYB) dan Drum (DRM) adalah melakukan proses pembelajaran siswa yang menunjukkan arah pengembangan terhadap student competency, student talent, student musical, student activity dan student creative. Pengembangan tersebut dapat digambarkan pada skematis berikut :

  • Mind – intelligence, knowledge
  • Body – technique, skill
  • Soul – feel, emotion

Implementasi kurikulum meliputi:

  • Kegiatan kelas privat
  • Kegiatan workshop
  • Kegiatan coaching clinic
  • Kegiatan kelas combo
  • Kegiatan kelas teori
  • Kegiatan belajar bersama (teknik sticking > siswa Drum, teknik fingering > siswa Gitar, Bass dan Keyboard dan paduan suara & teknik solmisasi > siswa Vocal
  • Kegiatan konser siswa
  • Pre-Ujian dan Ujian kenaikan tingkat

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan yang dihasilkan (result and impact) oleh OM-IRS adalah kompetensi siswa yang siap secara mental dan kepribadian serta memiliki wawasan, sikap diri (attitude), dan pengetahuan musik yang baik, berjiwa besar, berpikir brilian, dan mampu memainkan apa yang dirasakan dan merasakan apa yang dimainkan (play what you feel and feel what you play) dalam menjadi seorang musisi yang profesional, berguna, dan siap pakai.