Student Star Concert untuk Earth Hour 2014

 

Student Star Concert

PEKALONGAN, omahmoesik.net – Earth Hour (jam bumi 60+) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF pada sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di Rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim.

World Wide Found for Nature (WWF) adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konsevasi, penelitian dan restorasi lingkungan, dulunya bernama World Wildlife Fund dan masih menjadi nama resmi di Kanada dan Amerika Serikat.

Earth Hour berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF – Australia, Fairfax media dan Leo Burnet untuk mengurangi gas Rumah kaca di Sydney. Earth Hour dilaksanakan pada hari sabtu agar tidak mengganggu aktivitas pada hari kerja.

Sabtu malam 29 Maret 2014, Omah Moesik Idang Rasjidi Syndicate (OM-IRS) kerja sama dengan Batik TV dan Hotel Dafam membuat aksi edukasi dan apresiasi musik untuk mendukung acara Earth Hour 2014 di Hotel Dafam Pekalongan. Acara ini bertema Student Star Concert yang dikemas dalam bentuk konser sederhana yang dilakukan dengan serius sebagai bentuk penghargaan bagi siswa OM-IRS atas pencapaian terbaik dalam ujian kenaikan tingkat (grade).

Menurut Manajer Edukasi OM-IRS, Rusfian Santiko, Konser itu berlangsung 2 (dua) sesi, sesi pertama durasi waktu 90 menit mulai dari pukul 19:00 – 20:30 WIB menyajikan 7 (tujuh) lagu konsep combo atau band dengan menampilkan lima siswa terbaik yang akan didampingi oleh instruktur sebagai pengiring dan dipandu oleh pembawa acara sedangkan sesi kedua adalah aksi pemadaman lampu selama satu jam mulai dari jam 20:30 – 21:30 WIB. Meskipun lampu padam, konser siswa tetap berjalan namun dikemas secara akustik.

Putri (Siswa Vocal) & Vella (Siswa Guitar)

Ada 5 (lima) siswa meraih nilai terbaik dalam ujian OM-IRS 2014 diantaranya Ika Putri Ayu Ningrum total nilai 81,9 dari instrumen vocal, Ade Alfriyan total nilai 79,3 dari instrumen electric guitar, Arif Rahman Hidayat total nilai 78,5 dari instrumen keyboard, Muhammad Unggul Tri Budiharjo total nilai 78,3 dari instrumen electric guitar dan Bahrianto Prakoso total nilai 77,2 dari instrumen keyboard. Dalam penilaian OM-IRS memiliki standar nilai ujian yaitu A = 80 – 100 (excellent), B = 70 – 79 (good), C = 60 – 69 (fair) dan D = 50 – 59 (poor). lima siswa terbaik tersebut dibuatkan konsep student star concert oleh OM-IRS, tegas Rusfian.

Student Star Concert perlu diselenggaran rutin oleh OM-IRS sebagai penghargaan bagi siswa yang meraih nilai terbaik dalam ujian. Tujuan diadakan untuk membangun kebersamaan, media belajar seni pertunjukkan dan memunculkan kreativitas. Harapannya siswa OM-IRS dapat menghadirkan dan memberikan sesuatu yang baik untuk yang terbaik dalam pendidikan musik, ujar Wydha Hendra Kusuma, Instruktur vocal.

Student Star Concert

Leave a Reply