PBC goes to Semarang: Sosialisasi Nge-Blues @Jazz in the Mall (JiTM)

Rusfian Santiko Project

PEKALONGAN, omahmoesik.net – Pekalongan Blues Community (PBC) diundang untuk tampil Nge-Blues dalam gelaran Jazz in the Mall (JiTM) Ciputra Semarang pada Selasa, 27 Agustus 2013. Dalam acara yang diselenggarakan Komunitas Jazz Ngisoringin, penampilan PBC diwakili oleh Rusfian Santiko Project (RSP) yang digawangi personil Ticco Laksana Putra (gitar & keyboard), Yudho Prabowo (bas) dan Swas (drum). Kegiatan semacam ini bisa menjadi penyegar juga membuka mind set pengetahuan bermusik bagi Pekalongan Blues Community (PBC).

Menurut gitaris dan leader RSP, Rusfian Santiko, ini pertama kalinya dalam sosialisasi Nge-Blues terhadap Komunitas Jazz Ngisoringin dalam acara Jazz in the Mall (JiTM). Sosialisasi PBC ini dilakukan untuk menambah teman komunitas serta menjangkau jaringan (networking) yang lebih luas antar musisi atau komunitas musik terutama musik blues.

Pertunjukan RSP membawakan 2 lagu instrumental seperti Blues Force – Fourplay dan Even Song – Yellow Jacket. Duo gitaris muda Rusfian (30) dan Ticco (28) yang mempunyai karakteristik khas masing-masing permainan blue note, bisa berkolaborasi dengan harmonisasi yang menjadikan penonton kagum.

Begitu juga pada lagu terakhir yang dipermanis dengan vokalis Wydha Hendra Kusuma, tampil menyanyikan lagu “Give Me The Night” yang dipopulerkan oleh George Benson, mendapat sambutan hangat dari penonton.

Dengan adanya event ini, PBC mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Jazz Ngisoringin yang sudah memberikan kesempatan PBC untuk tampil di acara Jazz in the Mall (JiTM) Ciputra Semarang. Meskipun event tersebut bertema Jazz namun Nge-blues masih bisa ditampilkan. Willie Dixon pernah mengatakan, “Blues adalah akar, dan yang lainnya adalah buah-buahan”. Blues adalah akar dari musik-musik populer, terutama jazz.

Leave a Reply