Filosofi Memainkan Musik Jazz by Herbie Hancock

Herbie Hancock

Wydha Hendra Kusuma

PEKALONGAN, omahmoesik.net – Beberapa waktu yang lalu aku baca kolom sosok di salah satu media cetak, kebetulan saat itu tokohnya adalah seorang maestro Jazz dunia, HERBIE HANCOCK. Ada beberapa hal yang aku highlight terutama mengenai filosofi bermain musik Jazz yang menurut ku sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita.

Herbie Hancock bilang bahwa Jazz itu bukan hanya sekedar musik “Jazz melatih kita untuk saling mendengar dan menghormati”. Selain itu, menurut dia Jazz adalah dialog antar musisi dimana tidak ada prasangka buruk dalam Jazz dan juga tidak menghakimi (nonjudgemental). “Artinya ketika main dengan band, anda tidak bisa berpikir tentang apa yang anda sukai atau tidak dari apa yang dimainkan orang lain. Apapun yang dimainkan rekan anda, itu menjadi tanggung jawab anda untuk membuat permainan jalan terus dan menjadi bagus” menurut dia. Bahkan seorang MILES DAVIS, yang merupakan musisi Jazz paling berpengaruh dalam perkembangan musik Jazz dan dianggap mahaguru olehnya tidak marah ketika dia bermain salah, justru dengan cerdas seorang Miles Davis menggunakan situasi buruk itu menjadi keindahan dan keharmosisan. Luar Biasa kan…bagaimana seorang pemimpin dapat mengendalikan situasi dan mengubahnya menjadi lebih baik, bagaimana menghargai dan menghormati apa yang dimiliki orang lain, bagaimana bersinergi dengan orang lain tanpa menyingkirkan karakter maisng-masing, nilai-nilai ini yang seharusnya kita ambil untuk bekal kehidupan kita…

Dia menambahkan…Dialog itu bukan saja untuk berbagi pengalaman, melainkan juga mencari cara terbaik dalam menghadapi tantangan hidup. Musik adalah jalan untuk berbagi pengalaman hidup dengan cara kreatif. Dunia memerlukan kehidupan kreatif, suatu kreativitas yang muncul dari bagian terdalam diri kita masing-masing. Kreativitas yang menumbuhkan kebijaksanaan, semangat hidup, dan kasih sayang..

This is why I really love Jazz….
So what do you think guys?

Author : Wydha Hendra Kusuma

Leave a Reply