Aslinya Adalah Seorang Pianis Jazz

Idang Rasjidi feat Gita Wirjawan

Gita Wirjawan

PEKALONGAN, omahmoesik.net – Awal bulan Mei 2013, pada saat di Pekalongan, tempat saya bekerja di salah satu kursus musik bernama Omah Moesik Idang Rasjidi Syndicate, saya membaca berita di website beberapa media.

Beritanya mengungkap Gita Wirjawan seorang Menteri Perdagangan yang sedang berkolaborasi dengan musisi jazz Idang Rasjidi. Saya merasa kagum dibalik tampilannya yang formal sebagai Menteri Perdagangan (Mendag), ternyata Gita Wirjawan bertalenta dalam bidang musik (musical) dan juga seorang pianis jazz yang handal.

“Beliau itu casing-nya saja seorang Menteri Perdagangan, tapi aslinya adalah seorang pianis jazz”, ujar Idang usai Gita memainkan lagu “Spain” karya Chick Corea.

Dalam penampilannya, Gita memainkan “Spain”, yang diiringi oleh Wahyu (drum), Iwan Wiradz (perkusi), Saad (suling), Yance Manusama (bas), dan Idang Rasjidi (sketch vokal). Spontanitas Idang bersenandung suaranya melalui sketch dengan mengiringi Gita memberikan nuansa yang dinamis dalam memainkan apa yang ia rasakan dan merasakan apa yang ia mainkan “Spain”, lagu jazz bertempo cepat. Gita sengaja memilih lagu itu karena banyak unsur perkusi, disamping itu juga ada sahabat saya Iwan Wiradz, salah satu pemain perkusi yang luar biasa di Indonesia, ujar Mendag lulusan Harvard University.  

Gita mengaku sempat terkejut ketika secara spontan diminta tampil sebagai pemain piano. Ia sama sekali tak berlatih dengan Idang Rasjidi dan juga Iwan Wiradz. Namun untungnya, ia mengenal karakter musik yang dimainkan oleh Idang, Iwan, dan kawan-kawan mereka. Gita tampil selama sekitar 8 (delapan) menit, penampilan Gita mendapat tepuk tangan (applause) meriah dari sekitar 200 pecinta musik jazz yang nonton serta mendengarkan alunan nada yang dimainkan oleh Gita di Soehanna Hall, The Energy Building, Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu malam, 28 April 2013

“Saya memang suka memainkan lagu ini dalam berbagai acara. Jadi sudah terbiasa walaupun dilakukan tanpa latihan. Kalau ditanya tegang atau tidak, tetap yang namanya main piano diperhatikan banyak orang rasanya jelas berbeda,” “saya mengakui musik sangat dekat dengan kehidupannya. “Dari kecil saya sudah main musik dan nge-band waktu kuliah,” ungkapnya pria berusia 47 tahun.

Author : Yudho Prabowo

Leave a Reply