Idang Rasjidi Syndicate featuring Tompi di Pekalongan Jazz Jazz Jazz 2012

Tompi

Tompi

feat. Tompi

feat. Tompi

PEKALONGAN, omahmoesik.net – Tahun 2012, Omah Moesik Idang Rasjidi Syndicate Pekalongan bekerjasama dengan Hotel Dafam Pekalongan menyelenggarakan acara pertunjukan Jazz tahunan bertema “Pekalongan Jazz Jazz Jazz 2012” pada 20 Mei 2012, dengan menampilkan Idang Rasjidi seorang musisi jazz berjiwa entertainer. Acara pertunjukan Jazz kali ini di Pekalongan, Idang Rasjidi Syndicate tampil bersama penyanyi jazz Teuku Adifitrian atau lebih dikenal dengan nama Tompi. Penyanyi jazz asal Lhokseumawe Aceh ini dikenal dengan lagunya berjudul “Selalu Denganmu”. Selain menyanyi, Tompi adalah seorang dokter spesialis bedah plastik lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2010.

Citro Utomo selaku Event Manager mengatakan “acara ini dipersembahkan bagi seluruh masyarakat Pekalongan sebagai wujud apresiasi untuk mengembangkan musik jazz di Pekalongan”. Dalam acara ini, “kita mengangkat tema Pekalongan Jazz Jazz Jazz 2012 sebagai bentuk kesinambungan dalam pengembangan edukasi, pertunjukan musik jazz bagi seluruh publik Jazz Jazz Jazz di kota batik Pekalongan. Dengan tema itu, diharapkan kedepannya Pekalongan mampu mengadakan Semi Festival Jazz Jazz Jazz, yang digelar satu panggung tetapi menyajikan beberapa grup musisi Jazz Indonesia,” ungkap AAB selaku Kepala Sekolah Omah Moesik Idang Rasjidi Syndicate Pekalongan.

Di Pekalongan Jazz Jazz Jazz 2012 ini, terdapat 2 sesi, yaitu workshop dan practice concert. Workshop dimulai jam 10:00 WIB dan Practice Concert berlangsung malam jam 19:30 WIB di Hall Hotel Dafam Pekalongan. Acara workshop dibuka dengan pementasan oleh dua grup band siswa Omah Moesik Idang Rasjidi Syndicate Pekalongan yang membawakan lagu bergenre blues dan jazz.

Workshop kali ini mengangkat tema “Perbedaan antara Pop Jazz dan Jazz”. Pada pemateri workshop ini menghadirkan Idang Rasjidi dengan ditemani oleh anaknya Shadu Rasjidi (bass) dan Shaku Rasjidi (Drum) dan putra daerah Pekalongan Ticco Laksana (Gitar). Beliau menjelaskan bahwa perbedaan antara Pop Jazz dan Jazz adalah improvisasi atau pengembangan ritme (rhythm) dan progresi akor dalam lagu yang dimainkan.

Setelah workshop, jam 19:30 WIB sampai dengan 22:30 WIB pertunjukan practice concert berlangsung meriah, acara malam itu dibuka oleh penampilan Towo and Friends asal Pekalongan membawakan lagu “Mind Trick” by Jammie Cullum dan “Just the two of us” by Bill Withers, selain itu juga penampilan Blue Batik Replica dari intruktur-intruktur Omah Moesik Idang Rasjidi Syndicate membawakan 2 tembang instrumental “Borneo Donate” by Ichan Sani dan “Train” by AAB yang berkolaborasi dengan duror dan marawis serta menambahkan unsur kendang yang memainkan pola ritme dangdut nuansa pantura.

Berikutnya, Idang Rasjidi Syndicate mengawali penampilan dengan tembang instrumental “Serampang 21” by Idang Rasjidi. Idang Rasjidi Syndicate mendapat sambutan meriah dari antusiasme para penonton. Suasana semakin meriah dengan munculnya Tompi di atas panggung. Practice concert Idang Rasjidi Syndicate featuring Tompi terasa sangat hidup dan harmoni, apalagi ketika gerakan spot lighting yang menyoroti satu persatu cara Idang Rasjidi memainkan improvisasi scat singing atau dialog jazz dengan Tompi, Shadu Rasjidi memainkan solo dari bassnya, Ticco Laksana memainkan gitarnya dan Shaku Rasjidi melalui ketukan dan ritme drumnya memiliki spirit Jazz Jazz Jazz yang membuat para penonton memberikan standing applause kepada Idang Rasjidi Syndicate dan Tompi di atas panggung.

“Saya baru pertama kali tampil ke sini bersama Idang Rasjidi Syndicate dengan membawakan musik Jazz. Pekalongan adalah pusatnya Batik. Saya sangat terkesan, orang-orangnya sabar, teliti dan ramah,”ungkapnya, usai membawakan satu buah lagu yang diiringi oleh Idang Rasjidi Syndicate malam itu.

 

Author : Yudho Prabowo

Leave a Reply